Salah satu cabang seni yang sudah terkenal di Indonesia sejak lama adalah seni tari. Bahkan seni tari merupakan salah satu unsur kebudayaan yang bisa menjadi daya tarik utama dan selalu ditampilkan pada semua bentuk pertunjukkan seni dan budaya dari daerah masing-masing. Jika dilihat dari cabang seni tari, tarian nusantara termasuk kedalam seni tradisional. Berikut ini ada beberapa hal yang merupakan sebuah keunikan dari tarian nusantara tersebut.
  • Memiliki ciri khas pada masing-masing daerah
Setiap tari dari daerah nusantara biasanya memiliki keunikan dan ciri khas antara satu sama lain, walaupun berbeda tetapi memiliki hubungan antara satu sama lainnya. Karena ada ciri khas dari setiap tarian daerah menjadikan tarian tersebut selalu dipentaskan dan sering menjadi pertunjukkan untuk pembukaan atau penyambutan tamu.
  • Memiliki beraneka ragam fungsi
Ada beberapa fungsi seni tari tradisional :
Sarana Upacara, ada beberapa seni tradisional yang digunakan atau dipentaskan untuk upacara yaitu, tari pendet dari Bali yang digunakan dalam beberapa upacara keagamaan.
Sarana hiburan, hampir semua jenis tari tradisional berfungsi sebagai hiburan karena adanya tarian dalam sebuah acara bisa untuk memberikan para penonton fresh dan rileks karena adanya iringan musik yang bisa membuat gembira, contohnya tari jaipong dari Suku Sunda.
  • Sebagian besar merupakan tarian yang sakral
Sakral dalam bahasa Indonesia artinya suci dan keramat. Berkaitan dengan kata sakral, ada beberapa tarian nusantara terutama yang biasanya berasal dari suku tertentu atau yang berasal dari keraton atau kerajaan merupakan salah satu jenis tarian yang suci.tingkat kesakralan yang ada sebanding dengan kesucian dari beberapa benda pusaka yang melambangkan bahwa adanya kekuasaan raja pada zaman Hindu-Jawa.
  • Diiringi oleh musik khas
Hampir semua tarian tradisional selalu diiringi oleh alat musik khas dari daerah masing-masing dalam proses pementasannya. Dengan adanya iringan musik khas tarian akan lebih menarik untuk ditonton dan bisa dinikmati dengan baik.
  • Gerakan tari identik pada suatu daerah
Setiap tarian daerah memiliki bentuk gerakan yang unik serta berbeda antara satu sama lain. Keunikan tersebut selalu menjadi ciri khas dari setiap daerah masing-masing.
  • Keunikan kostum
Begitupun dengan kostum tidak jauh berbeda dengan gerakan, pasti setiap tarian daerah memiliki kostum khas yang berfungsi untuk menjadi pembeda dari setiap daerah dan untuk menambah keunikan tarian tersebut.

sumber dari :
https://www.google.com/amp/s/ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/keunikan-tari-nusantara/amp
https://images.app.goo.gl/yC4kKokLMLKMsTNz9